4 Hal Penting dalam Cara Membangun Customer Loyalty
Berikut adalah cara membangun loyalitas konsumen:
1. Bangun komunitas yang bermanfaat bagi pelanggan
Pelanggan akan selalu mempercayai rekan mereka lebih dari mempercayai apa yang ditawarin bisnis. Di antara media sosial, situs ulasan pelanggan, forum, dan lainnya, slip sekecil apa pun dapat direkam dan diunggah untuk dilihat se-dunia. Namun, kalian dapat mengubahnya menjadi positif dengan mengelola komunitas yang mendorong interaksi pelanggan-ke-pelanggan.
Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membangun forum komunitas pelanggan. Forum komunitas mendorong pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain tentang berbagai topik, seperti memecahkan masalah produk atau menceritakan kembali pengalaman layanan. Bahkan jika mereka meninggalkan umpan balik negatif, setidaknya itu tetap ada di domain kalian di mana kalian dapat menanganinya sesuai dengan itu.
Forum komunitas juga dapat menguntungkan bisnis misalnya di Forum Ide HubSpot, pelanggan dapat menyampaikan ide dan saling memberi suara positif pada postingan satu sama lain. Jika idenya bagus, tim produk akan mempertimbangkannya untuk sprint mendatang. Jika ide sudah dapat dilakukan dengan produk, tim dukungan akan memberikan solusi. Ini memungkinkan tim kami menyediakan layanan pelanggan proaktif dan reaktif melalui satu sumber daya.
Seiring kemajuan komunitas online, kalian dapat memformalkannya agar semuanya tetap teratur. Memiliki sistem yang konsisten memastikan keadilan dan membuat pelanggan puas dari waktu ke waktu.
2. Berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan
Membangun dan menjaga kepercayaan pelanggan membutuhkan komunikasi yang berkesinambungan. Ketika pelanggan mengetahui bahwa bisnis kalian transparan dan jujur, mereka memiliki kepercayaan yang akan memberikan pengalaman positif dalam interaksi mereka. Ini harus tetap menjadi fokus terutama dalam hal layanan pelanggan.
Komunikasi yang baik berarti pelanggan juga harus tahu apa yang terjadi dengan bisnis kalian. Jika ada produk baru, perubahan besar, pembaruan perusahaan, kekurangan, perubahan jam, atau apa pun yang harus diketahui pelanggan agar tidak terkejut, hal itu harus dikomunikasikan dengan jelas. Ini adalah bagian dari layanan pelanggan yang baik dan sangat penting untuk membuat pelanggan ingin terus berbisnis dengan kalian.
3. Tingkatkan program loyalitas pelanggan
Meskipun sebelumnya kami menyarankan untuk tidak mengikuti program loyalitas pelanggan, ini masih merupakan landasan penting dari setiap upaya dalam membangun loyalitas pelanggan. Ini adalah salah satu cara terbaik, terutama jika merek tersebut terus menambahkan fasilitas yang tidak memungkinkan untuk ditinggalkan.
4. Terus kembangkan bisnis dari waktu ke waktu
Pasar dan keinginan audiens dan pelanggan kalian akan terus berubah seiring waktu. Melakukan penelitian dan tetap up-to-date di industri bisnis akan meyakinkan pelanggan bahwa bisnis akan selalu inovatif dan menawarkan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Berkembang harus mencakup branding, budaya, pemasaran, dan produk itu sendiri. Pelanggan mengembangkan kepercayaan karena mengetahui bahwa perusahaan tidak akan stagnan. Menyadari bagaimana untuk terus meningkatkan bisnis dapat memastikan opsi bisnis kalian akan selalu menjadi pilihan terbaik. Loyalitas terhadap bisnis dan produk kalian akan ada jika pelanggan mengetahui bahwa mereka selalu mendapatkan yang terbaik.
Comments
Post a Comment